Selasa, 11 Maret 2008

Pundi Uang Tambahan Bagi Penulis dari Blogguebo.com

Setelah pertemuan terakhirnya dengan Anto membuat cita-cita Andi untuk menjadi seorang penulis anak profesional kandas, kini dalam pertemuan terkini mereka (ceile kayak re-match tinju profesional aja), Andi telah menyiapkan bahan untuk membalas argumen Anto.
Sengaja, Andi yang kali ini mendatangi rumah Anto. "Nto, Anto. Assalamualaikum!!" teriak Andi dari luar pagar rumah Anto.
"Waalaikumsalam warahmatullahiwabarakatuh!" Jawab Anto sambil membuka pagar dan mempersilahkan sahabatnya itu untuk masuk ke dalam rumah.
"Wah, lagi bikin naskah baru lagi, ya?" tanya Andi ketika melihat layar komputer Anto menyala.
"Nggak. Cuman mau melebarkan sayap saja, supaya pundi-pundi uangku makin banyak," jawab Anto singkat. Namun, jawaban singkat itu telah menggelitik saraf penasaran dalam diri Andi yang selalu menganggap Anto adalah orang yang mempunyai banyak keahlian, informasi, inisiatif dan kreatifitas.
Dengan melotot, Andi mendekati layar komputer Anto dan membaca tulisan yang sedang diketik oleh Anto.
"Blogguebo Review Kontes," gumam Andi di depan layar komputer.
Anto yang pandangannya ke komputer terhalang oleh kepala Andi kontan saja ngoceh-ngoceh, "Hoi! Apa-apan sih loe?! Nggak tahu orang lagi kerja, apa, ya?!"
"Sorry. Tapi gue penasaran banget ama tulisan ini. Maksudnya apaan sih?" tanya Andi.
"Ini yang gue bilang melebarkan sayap penghasilan gue. Selain menulis untuk majalah, koran atau tabloid, sekarang gue mulai mencoba lahan baru yaitu menulis di internet," jawab Anto.
"Emang ada yang mau bayar tulisan kita di internet?" seperti biasa Andi mengejar dengan pertanyaan.
"Ya iyalah. Namanya Paid Review," jawab Anto.
"Terus, ini apaan?" tanya Andi lagi sambil menunjuk tulisan 'Bloggue Review Kontes'.
"Oh, ini adalah Kontes Review Berhadiah yang diadakan oleh Blogguebo. Sebuah situs tempat gue belajar mengenai program Paid Review," jawab Anto.
"Situs itu berisi panduan-panduan, tips dan trik dalam mengikuti program-program yang bisa menghasilkan duit bagi kita atau sering juga disebut bisnis online," tambah Anto sambil membuka situs Blogguebo.com.
"Ini toh situsnya," kata Andi. "Kok sederhana banget tampilannya," celetuk Andi meremehkan.
"Yeee...Dont judge the book by cover," kata Anto sambil menambahkan, "Artinya, jangan menilai sesuatu hanya dari tampilan luarnya saja. Biar kelihatan sederhana, tapi dari blog ini sangat berbobot. Ibarat desain rumah yang saat ini lagi digembar-gemborkan para delevoper, blog ini termasuk blog yang minimalis tapi elegant. Sederhana dalam bentuk, tapi berbobot dalam isi. Seandainya gue nggak nemuin blog ini, mungkin gue nggak tahu apa itu Paid review, Paid to Click atau Paid to Read."
"Kalau loe dah baca artikel-artikel dalam blog ini, loe bakalan tahu apa yang gue maksud. Gue sih merasa enjoy banget dengan isi blog ini. Bahasanya santai, sederhana tapi tetap fokus pada topik dan mengena. Step by stepnya juga runut dan gampang diikuti, pokoknya TOP GBT deh!"
"Ya, sorry deh," kata Andi meminta maaf. "Eh, emang bisnis online itu cuman nulis-nulis begituan terus dibayar, gitu, ya?" tambah Andi.
"Bisnis online nggak cuman itu doang. Selain beberapa program yang gue sebutin barusan, ada juga program lain yang akan membayar kita apabila orang mengklik iklan yang ditayangkan di blog kita, namanya Google Adsense," jelas Anto.
"Wah apalagi tuh. Gimana cara ikutannya?" kejar Andi yang makin penasaran dan tertarik dengan bisnis online yang dijelaskan Anto.
"Kalau mau ikutan, loe mesti mendaftar Google Adsense terlebih dahulu. Kalau dah diterima, loe bisa pasang iklan Google di setiap website yang loe punya, gampang, kan?!" jawab Anto.
"Wah, gampang banget. Gue mau daftar dulu ah!" kata Andi antusias.
"Terus loe mau pasang di mana ntar kalau dah ketrima?" tanya Anto yang bingung karena tahu selama ini Andi termasuk orang yang gagap internet.
'Ya... daftar aja. Ntar pasang iklannya numpang di punya kamu," jawab Andi enteng.
Anto yang mendengar jawaban itu reflek melempar sebuah buku yang ada disampingnya tepat mengarah ke lutut Andi (Emang, otak Andi ada di mana, sih?)

2 komentar:

Medhy Aginta mengatakan...

Review acc. :) Nice review Mas Ovan. Saya seneng gaya "berceritanya". Thanks atas partisipasinya ya Mas. Mohon bersabar menunggu saat pengumuman pemenang. Sambil menunggu, jangan bosan mengunjungi Blogguebo.

Wish you all the best. :)

admin mengatakan...

Terima kasih juga telah berkunjung ke blog saya.
Saya menunggu kabar baiknya, ya.
Mudah-mudahan saya bisa menang.